Kamis, 25 Agustus 2011

5 cm


Judul                          : 5 cm
Penulis                      : Donny Dhirgantoro
Penerbit                    : Grasindo
Halaman                   : 381
Tahun terbit             : 2005
Kategori                     : Fiksi

Novel karangan Donny Dhirgantoro ini merupakan suatu novel yang inspiratif dan persuasif. Pengalaman-pengalaman hidup yang terajut menjadi sebuah kisah mampu menggerakkan hati para pembaca untuk terus menguntai mimpi dan meningkatkan nasionalisme serta patriotisme. Penggambaran tokoh-tokoh utama yang cukup spesifik membuat pembaca seolah-olah kenal dengan mereka. Walaupun konflik dalam cerita ini kurang, tetapi cerita ini bagus karena ringan dan mudah dipahami.
Berawal dari sebuah kisah persahabatan lima manusia yang terjalin erat selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Suatu ketika mereka merasa bosan dan memutuskan untuk tidak menjalin komunikasi selama tiga bulan untuk mencari suasana yang baru. Saat itulah mereka menemukan hal-hal baru yang lebih memperkaya hidup mereka sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen berakhir dengan sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, cita-cita, mimpi, dan cinta. Perpisahan dan perjalanan yang mereka lewati ini ternyata telah membuat mereka menjadi manusia yang sesungguhnya, tidak hanya seonggok daging yang hanya bisa bicara, berjalan, dan punya nama.

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa”. < 5 cm >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar