Jumat, 20 Desember 2013

Kekuatan “SEMANGAT”



Raga akan kuat jika masih ada semangat dari jiwa”.

Benarkah??? Sebagian orang mungkin akan mengiyakan. Semangat yang tumbuh dari dasar jiwa tentu akan mempengaruhi seberapa besar usaha seseorang dalam melakukan sesuatu. Tanpa adanya semangat, usaha tidak akan tercipta. Atau mungkin saja tercipta, namun tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Di sinilah pentingnya semangat, bisa mendorong seseorang untuk melakukan usaha secara maksimal.
Seseorang bisa saja merasa yakin bisa mencapai suatu target tertentu. Namun, keyakinan itu hanya akan menjadi sebatas impian jika seseorang tersebut tidak memiliki semangat. Misalnya, seorang mahasiswa yang memiliki keyakinan akan lulus setelah kuliah empat tahun. Jika ia memiliki semangat, tentu ia akan bersungguh-sungguh dalam menjalankan aktivitas kuliah. Sebaliknya, jika semangatnya tidak ada, kecil kemungkinan target itu akan tercapai.
Semangat mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang. Hal itu ada benarnya juga. Lihatlah seorang sales alat kecantikan, peralatan dapur, alat tulis, dan lain-lain yang berkunjung dari rumah ke rumah demi mencapai sebuah target penjualan. Pernahkah mereka mengeluh teriknya matahari saat mereka berjalan? Atau mengutuk hujan yang seringkali membuat mereka kuyup? Tentu saja pernah. Tapi keluhan itu hanya sebagian kecil dari perjuangan mereka. Semangat membuat mereka utuh, kuat berjalan.
Semangat itu penting bagi hidup. Mereka yang tak memiliki semangat tak akan merasa benar-benar hidup. Oleh karena itu, senantiasa tumbuhkanlah semangat dalam diri kita. Berikan sugesti, karena hanya kitalah yang dapat menciptakan semangat bagi diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar